My fantastic followers!:)

31 March 2010

Love?

Masalah cinta memang luar biasa.....
sampai-sampai jika kita tuliskan kata 'cinta' di google, kita bisa menemukan lebih dari 526juta site....

yang lebih lagi.... kata 'cinta' ini sangat kental berhubungan dengan dunia remaja.....


berhubungan dengan kata 'cinta' ini... Allah telah membatasi kepada kita sebagai seorang muslim untuk berhati-hati.... seperti yang tersebut dalam ayat ini:


QS 3:14. Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak[186] dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).

padahal Allah telah menyebutkan bahwa ada yang lebih baik dari itu semua....

Perhatikan ayat selanjutnya:
QS 3:15. Katakanlah: "Inginkah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu?." Untuk orang-orang yang bertakwa (kepada Allah), pada sisi Tuhan mereka ada surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai; mereka kekal didalamnya. Dan (mereka dikaruniai) isteri-isteri yang disucikan serta keridhaan Allah. Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.
16. (Yaitu) orang-orang yang berdoa: Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah beriman, maka ampunilah segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa neraka,"
17. (yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yang memohon ampun di waktu sahur[187].

adapun batasan cinta yang terkadang melampaui batas, bahkan Allah mengkategorikan dalam kategori "menduakan Tuhan", dapat dilihat di ayat ini:

QS 2:165. Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah. Dan jika seandainya orang-orang yang berbuat zalim itu[106] mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya, dan bahwa Allah amat berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal).

kalau sudah oleh Allah dianggap menduakannya, bisa-bisa menyebabkan kita masuk dalam kategori menyekutukan Allah.... yang akibatnya fatal......

perhatikan Ayat ini:
QS 4:48. Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.

lalu bagaimana? apakah kita tidak boleh mencintai sesuatu?.....

Islam tidak melarang kita mencintai sesuatu, kecuali hal-hal yang sudah dibatasi oleh syariah.....

* cinta kepada dunia tidak boleh melebihi cinta kepada SANG KHOLIQ
QS 2:165...Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah.
* cinta kepada dunia tidak boleh melebihi cintanya kepada RASULULLAH
QS 9:120. Tidaklah sepatutnya bagi penduduk Madinah dan orang-orang Arab Badwi yang berdiam di sekitar mereka, tidak turut menyertai Rasulullah (berperang) dan tidak patut (pula) bagi mereka lebih mencintai diri mereka daripada mencintai diri Rasul. Yang demikian itu ialah karena mereka tidak ditimpa kehausan, kepayahan dan kelaparan pada jalan Allah,....

* cinta kepada dunia tidak boleh melebih cinta kepada Akhirat (atau dengan kata lain mengesampingkan Akhirat)
QS `6:107. Yang demikian itu disebabkan karena sesungguhnya mereka mencintai kehidupan di dunia lebih dari akhirat, ....

* cinta kepada dunia tidak boleh melebihi 3 cinta utama:
QS 9:24. Katakanlah: "jika bapa-bapa, anak-anak, saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu kuathiri kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari Allah dan Rasul-Nya dan dari berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya." Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik.

untuk itulah saudaraku,... mari kita berusaha untuk "BERHATI-HATI DALAM CINTA"

No comments:

Post a Comment